iklan

Cara jual pulsa elektrik

Tips Menjadi MC / Pembawa Acara

Pembawa Acara
STUDIOKITA.NET Kesuksesan sebuah acara tidak terlepas dari peran sang pembawa acara itu sendiri. Sebuah acara yang bagus bila dibawakan oleh mc yang kurang bagus maka kesan acaranya menjadi kurang sip.

Cara membawa acara yang baik tidak sulit yang penting anda tahu bagaimana aturan seorang pembawa acara dan tahu bagaimana tipsnya dan menjalankan tips itu. Seorang Pembawa acara yang baik biasanya selalu digunakan orang. Diundang pada sebuah acara, bahkan jika anda bisa profesional maka bayaran yang besar layak untuk anda dapatkan. Misalnya dengan menjadi pembawa acara di tv nasional dll

Berikut tips sederhana menjadi Pembaca acara :
  1. Kenali peranmu peran seorang mc adalah untuk mempertahankan sebuah acara supaya berjalan lancar, mempertahankan energi para peserta/penonton supaya semangat, membantu para peserta supaya merasa disambut dgn baik & membuat para pembicara/pengisi acara merasa dihargai, & masi banyak lagi. jadi gak cuma hanya memberikan informasi & gak cuma seseperti timekeeper aja.
  2. Kenali kelompok-kelompok peserta artinya adalah menyambut para penonton/peserta yang tidak berasal dari wilayah tempat acara berlangsung. mc harus memastikan bahwa semua penonton adalah sama, tidak memberikan perlakuan khusus pada mereka yang merupakan “tuan rumah”.
  3. Ringkaslah apa yang dikatakan dari pembicara poin ini penting bgt buat diperhatikan. jadi setiap seorang pembicara berakhir bicara, mc harus bissa mengambil intisari dari apa yang dibicarakan dari pembicara tersebut, atau setidaknya untukan penting dari isinya, untuk disampaikan kepada penonton/mc service.
  4. Pertahankan waktu yang ditentukan dalam sebuah acara, tidak dipungkiri bakal ada alokasi waktu yang kurang sesuai dengan rundown acara, entah itu molor atau kecepatan. untuk itulah mc (training mc) harus bissa mengatur supaya waktu tetap berjalan sesuai dengan rundown.
  5. Buat penonton bersemangat kadangkala pada suatu acara pasti ada penonton yang merasa bosen atau ngantuk kgelanggang isinya kurang menarik atau apa/mc service.
  6. Jangan bicara terlampau cepat, ucapkan setiap kata dengan intonasi yang jelas (training mc)
  7. Usahakan untuk rileks, kalo gugup tarik nafas yang panjang & dalam kemudian bergeraklah untuk melemaskan otot.
  8. Buat catatan mungil untuk membantu mengingat apa yang akan dikatakan, entah itu joke, cerita lucu, atau memberikan informasi huff.dll
Mudah-mudahan informasi ini berguna untuk anda terutama bagi anda yang masih pemula dalam hal membawakan acara. Lihat juga contoh-contoh pidato, tips menulis surat lamaran kerja disini.

Selamat mencoba menjadi pembawa acara semoga acara anda sukses.